POC NASA: Manfaat dan Cara Penggunaannya pada Tanaman dan Lahan Pertanian

poc nasa, pupuk organik nasa, pupuk organik cair nasa, manfaat poc nasa, cara pakai poc nasa

POC NASA – PT. Natural Nusantara (NASA) merupakan perusahaan yang sangat berkompeten dalam pengembangan produk-produk organik, salah satunya di bidang pertanian.

POC NASA adalah salah satu produk unggulan PT. Natural Nusantara di bidang pertanian yang sudah terbukti ampuh dalam meningkatkan kesuburan pada lahan dan tanaman.

POC NASA sendiri merupakan singkatan dari Pupuk Organik Cair Natural Nusantara yang bermanfaat sangat besar dalam mengembalikan kondisi kesuburan tanah sehingga hasil panen dapat lebih berkualitas dan melimpah.

Apa Itu POC NASA?

POC NASA adalah produk pupuk organik cair produksi PT. Natural Nusantara (NASA) yang diproses dengan metode khusus dan dibuat dari bahan-bahan alami yang multifungsi untuk semua jenis tanaman, peternakan, hingga perikanan.

Pembuatan POC NASA berawal dari berbagai masalah yang sering muncul pada lahan pertanian di Indonesia.

POC NASA sudah terbukti ampuh dalam memperbaiki kondisi lahan dan tanaman yang rusak akibat pemakaian pupuk dan pestisida kimia secara berlebihan.

Pemakaian pupuk kimia dalam jangka panjang memang menimbulkan banyak dampak negatif bagi lahan pertanian.

POC NASA mampu menjadi solusi dari permasalahan tersebut dengan membenahi kondisi tanah menjadi lebih subur sehingga kualitas dan kuantitas hasil panen semakin meningkat.

POC NASA berbentuk ion-ion yang mudah diserap oleh tanaman dan dapat memberikan khasiat secara langsung untuk meningkatkan hasil panen.

Cairannya berwarna coklat kehitaman seperti air teh kental.

POC NASA cenderung berbau seperti minuman segar, tidak begitu menyengat dan aman untuk digunakan oleh manusia.

manfaat poc nasa, manfaat poc nasa untuk ternak, manfaat poc nasa untuk ayam, manfaat poc nasa untuk ikan, manfaat poc nasa untuk tanaman

Manfaat POC NASA

Secara umum, pupuk organik memiliki manfaat cukup besar yaitu membantu proses pertumbuhan tanaman dengan prinsip kerja holistik meliputi kebutuhan fisik, kimia, dan biologi tanah.

Penggunaan pupuk organik juga memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan pupuk kimia. Kelebihan POC NASA dibandingkan pupuk anorganik di antaranya:

  • Menjaga kesehatan lingkungan.
  • Membenahi struktur tanah.
  • Mengurangi biaya produksi pertanian.
  • Meningkatkan produktivitas dari tanaman budidaya.

 

Sebelum kita membahas mengenai manfaat POC NASA secara luas, simak dulu 12 fungsi multiguna POC NASA berikut ini!

  1. Meningkatkan produktivitas tanaman baik dari segi kualitas maupun kuantitas, dengan mengutamakan kelestarian lingkungan.
  2. Menggemburkan tanah yang keras secara berangsur.
  3. Melarutkan sisa bahan pupuk kimia dalam tanah agar dapat dimanfaatkan oleh tanaman.
  4. Menyediakan jenis unsur hara yang lengkap baik mikro maupun makro.
  5. Menekan penggunaan pupuk Urea dan SP-36 serta KCl+ antara 12,5% sampai 25%.
  6. Di setiap satu liternya, memiliki kandungan unsur hara mikro yang setara dengan 1 ton pupuk kandang.
  7. Meningkatkan pertumbuhan tanaman dan akar, serta merangsang pengumbian, pembungaan dan pembuahan, dan juga mengurangi kerontokan di bagian bunga maupun buah karena POC NASA mengandung hormon ZPT Auksin, Sitokinin, dan Giberellin.
  8. Meningkatkan aktivitas mikro-organisme dalam tanah yang bermanfaat bagi tanaman, seperti Penicillium Glaucum, cacing tanah, dan banyak lagi.
  9. Daya tahan tanaman terhadap gangguan hama dan penyakit akan lebih meningkat.

 

POC NASA akan memberikan manfaat yang lebih maksimal apabila dalam pengaplikasiannya dipadukan dengan produk NASA lainnya yaitu HORMONIK.

Selain fungsi multiguna yang bisa Anda peroleh dari penggunaan POC NASA, produk ini juga memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan pupuk anorganik.

 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan POC NASA dibandingkan dengan pupuk kimia atau anorganik:

  1. POC NASA mengandung unsur hara makro dan mikro yang lengkap, tetapi dalam jumlah yang tidak berlebihan.
  2. POC NASA mampu membenahi struktur tanah dan membuatnya jadi lebih gembur.
  3. POC NASA dapat meningkatkan daya ikat air pada tanah.
  4. POC NASA dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit.
  5. POC NASA membantu peningkatan aktivitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan bagi tanaman.
  6. POC NASA memberikan residual effect yang positif, sehingga bibit yang ditanam pada musim berikutnya akan tetap memiliki pertumbuhan dan produktivitas yang baik.

 

Bahan dan Komposisi POC NASA

Bahan-bahan POC NASA terbuat dari komposisi organik murni 100 persen, seperti limbah tanaman, limbah ternak dan unggas.

Bahan-bahan organik tersebut dipadukan dengan bumbu-bumbu dari zat penyubur alami yang diolah dengan teknologi canggih tetapi tetap mengutamakan prinsip Zero Emision Concept.

Bahan organik yang berasal dari rumput-rumputan dan tumbuhan lain yang bergizi tinggi dan bermanfaat untuk tanaman menjadi komposisi utama dari POC NASA.

Prinsip kerjanya tidak jauh berbeda dari filosofi alam, yaitu pupuk kandang. Seperti kita ketahui, pupuk kandang berasal dari rumput ataupun tanaman yang dimakan oleh hewan ternak, lalu keluar menjadi produk alami pupuk kandang.

Prinsip pembuatan POC NASA juga hampir sama dengan pupuk kandang, bedanya rumput-rumputan diolah menggunakan mesin berteknologi tinggi sehingga dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas yang lebih baik dari pupuk kandang.

 

Cara Pemakaian POC NASA

Cara penggunaan POC NASA bisa dilakukan dengan disiramkan pada tanah, tujuannya agar nutrisi dari POC NASA dapat diserap oleh akar tanaman, dan juga melarutkan sisa-sisa pupuk kimia dalam tanah sehingga struktur tanah menjadi gembur kembali.

Pemakaian POC NASA juga bisa dilakukan dengan cara disemprotkan. Tujuannya untuk mempercepat pupuk cair ini masuk ke tanaman melalui lubang stomata yang terdapat pada daun, sehingga bisa dimanfaatkan dengan cepat oleh tanaman.

Penggunaan POC NASA baik melalui siraman ataupun semprotan sebaiknya tidak semua dosis diberikan sekaligus. Namun diberikan secara bertahap antara 4-8 kali siraman atau semprotan.

Pemberian dilakukan selama pertumbuhan tanaman, mulai dari umur 7 hari setelah tanam dengan interval setiap 10-15 hari sekali.

Dosis POC NASA untuk semua jenis tanaman antara 1-3 liter per 1000 meter persegi setiap 3-4 bulan sekali. Dianjurkan untuk mencoba dosis terkecil dulu, yaitu sekitar 2 botol.

Pemberian POC NASA yang ideal dapat dilakukan dengan dua cara sekaligus, yaitu 1/2 dosis total disiramkan satu sampai dua hari sebelum tanam, dan 1/2 dosis total sisanya diberikan dengan cara disemprotkan 3-6 kali dengan interval 10-15 hari sampai sisa dosis tersebut habis.

 

Tanya Jawab (FAQs) tentang POC NASA

Beberapa pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan oleh para pengguna POC NASA, antara lain:

Jenis Pertanian Apa yang Cocok Menggunakan POC NASA?
Apa Fungsi Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) yang Terkandung dalam POC NASA?
Apakah Penggunaan POC NASA Tetap Membutuhkan Pupuk Kimia?
Apakah POC NASA dapat Digunakan Bersamaan dengan Pestisida?
Amankah POC NASA bagi Hewan dan Manusia?
Berapa Harga POC NASA?

Demikian informasi tentang manfaat dan cara penggunaan POC NASA. Jangan ragu untuk menggunakan POC NASA, karena banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan!

Dapatkan POC Nasa yang asli, Klik Disini!

5 (100%) 10 votes

Leave a Comment

error: Content is protected !!